Membuat tower sederhana antena Omni untuk Hotspot - Network indonesia
Headlines News :
Home » » Membuat tower sederhana antena Omni untuk Hotspot

Membuat tower sederhana antena Omni untuk Hotspot



Pemancar sederhana ini adalah antena Omni yang berada di KGI-Klatak, berdiri dengan ketinggian sekitar 12 meter dari permukaan tanah, atau 25 meter diatas permukaan laut. Untuk artikelnya sendiri saya ambil dari blog teman sebelah. Sebagai contoh mudah yang bisa kita buat sendiri.

Untuk pembuatan tower sederhana ini diperlukan alat dan bahan sbb:
satu. Peralatan:
  • Antena Omni >>>Beli atau buat sendiri (boleh)
  • Wireless Radio & Router / acces point
  • Outdoor Box
  • Poe + Pigtail
  • Pipa ledeng 1,5″ (p=6m) klo kurang bisa tambah
    pipa 0,5″ untuk tombak anti petir
  • Kabel yang besar (buat nganterin petir/kilat/bledek biar nyampek sarangnya)
    Lightening Arrester (biar petir gak nyasar kemana - mana)
  • Kawat seling (biar tower gak ambruk kena puting beliung)
  • UTP Belden USA Cat5 (sebagai penghubung antara Acces Point ke Pc Router)
duwa. Perlengkapannya:
  • Bor (jangan pake’ manual ya, kalo gak punya boleh pinjam bengkel depan rumah he he..).
  • Las (mending bawa’ aja tuh ke tukang las, kan tetangga depan tukang las tuh!)
  • Obeng, tang, kunci pas, paku, palu dan lain-lainnya deh.!!
Sekarang Cara instalasinya:
  • Siapkan tower alias tiang >>>
  • Suruh tukang las untuk nge las pipa 0,5″ pada salah satu ujung pipa 1,5″ sebagai anti petir >>> jangan lupa kalo nyuruh tukanglas dibayar ya..:-)
  • Pasang tombak anti petir diujung pipa 0,5″ jangan lupa antara tombak anti petir dengan tower / tiang harus ada yang namanya isolator, OK
  • Bilang ke tukang las untuk tambahin pipa berbentuk L kurang lebih panjang 1m & lebar 0,5 m pada ketinggian 5m pipa 1,5″ sebagai tempat antena omni.
  • Pastikan tinggi antara anti petir dan ujung antena omni lebih tinggi anti petirnya ( tuh.. lihat gbr. diatas!)
  • Pasang perangkat wireless di pipa L tambahan tadi (outdor box) dan jangan lupa sambungkan kabel UTP ke radio.
  • Setelah semua beres
    Tarik tower yang udah siap dengan perangkat wireless ditempat yang diinginkan
    pasang kawat - kawat penguat tower (sesuai dengan kebutuhan).
  • Sambungkan kabel UTP dari pc router ke acces point.
Nah pemancar sederhana omni sebagai Hotspot broadband acces sudah siap, lumayan bermanfaat dan praktis.

sumber:http://klatakkita.blogspot.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Total Tayangan Laman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Network indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger